Thursday, July 14, 2016

Silaturrahmi mengikat kuat keluarga besar

Kehadiran tamu dari keluarga besar saat idul fitri adalah hal yang biasa, tapi kali ini yang datang adalah tamu yang sangat istimewa. Fani dan Aldo, mereka adalah cicit dari Salim. Salim yang merupakan adik Kakek saya dari pihak ibu. Tarik nafaslah agak sedetik untuk memahami garis keluarga ini, karena bagi saya hal ini yang membuat istimewa.

Kedatangan di hari pertama idul fitri, tepat 1 syawal 1437 H sengaja dilakukan agar bisa bertemu dengan keluarga besar. Karena jika dilakukan pada hari lainnya, kemungkinan untuk bertemu akan menjadi kecil, masing-masing keluarga akan berkunjung ke mertua atau teman lainnya.

Saya dan istri pun datang tepat di hari lebaran ini karena melihat kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, Rumah Orang tua saya di Depok menjadi base pertemuan keluarga besar dari pihak ibu. Kesempatan inilah yang kami manfaatkan dengan baik untuk menjalin silaturrahmi.

Kata silaturrahmi yang sudah umum di dengar telinga saat perayaan idul fitri. Silaturrahmi adalah menjaga hubungan keluarga, yang dapat dilakukan dengan saling berkunjung dan saling memberi hadiah. Bagi yang menjaga silaturrahmi, Allah swt berjanji akan memberikan ganjaran kebaikan salah satunya adalah menambah rezeki.

Dalam pertemuan idul fitri kali ini, diketahui bahwa Aldo akan melakukan kerja praktek perkebunan di Medan. Mahasiswa Agrotekno Unpad semester akhir ini baru mengetahui bahwa keluarga besar Kakek Salim banyak yang tinggal di Medan. Aldo merupakan cucu dari anak pertama Kakek Salim, Asma. Sedang yang tinggal di Medan adalah keluarga Baedarus dan Almh Basmar, yang merupakan anak kedua dan ketiga.

Bahkan,  Baedarus dan menantu pertamanya serta anak kedua almh basmar adalah orang perkebunan. Terlihat dari raut wajah Aldo senang dan gembira mengetahui hal ini semua, dia merasa bahwa kerja prakteknya nanti akan mendapatkan kemudahan. “wah..., Aldo akan mendapatkan informasi yang banyak dari mereka semua, tentang perkebunan, yang akan membatu menyelesaikan kerja praktek”

Selain mendapatkan manfaat yang banyak dari silaturrahmi, juga akan mengikat erat tali persaudaraan terutama keluarga dekat. Hal ini yang membuat saling berkunjung di hari idul fitri berlangsung terus hingga sekarang

No comments:

Post a Comment